Minggu, 12 Desember 2010

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Wawancara Kerja

1. Pakailah pakaian yang terbaik dan sopan seperti memakai kemeja dan celana panjang bahan (bukan jeans atau denim), khusus pria gunakanlah dasi yang sepadan dengan warna kemeja. Tidak perlu memakai warna pakaian mencolok tapi berikanlah kesan wibawa. Biasanya warna yang sering dipakai adalah kemeja putih dan celana panjang hitam.
2. Gunakanlah parfum, make up dan aksesoris secara tidak berlebihan, karena membuat pewawancara tidak fokus dengan jawaban Anda, dan membuat jawaban yang sebenarnya menjadi nilai positif Anda terbuang begitu saja.
3. Jangan terlambat karena jika Anda terlambat, pewawancara pasti menganggap Anda adalah orang yang tidak menghargai waktu.

4. Menjadi diri sendiri, yaitu bicaralah sesuai dengan pengalaman, keahlian dan ketrampilan Anda.
5. Dengarkan pertanyaan pewawancara baik-baik dan jawablah dengan nada yang jelas dan keras tetapi tetap sopan dan formal, tunjukkanlah bahwa Anda memiliki semangat tinggi serta percaya diri yang kuat.
6. Duduklah dengan tegap bukan tegak agar Anda tidak terkesan gugup dan pandanglah matanya agar terkesan Anda menghargai pewawancara dalam memberi pertanyaan. Kontrolah perilaku gugup Anda seperti menggoyangkan kaki ataupun hal lainnya.
7. Hindari kata "akan" karena membuat pewawancara tidak yakin dengan jawaban Anda.
8. Hindari kata "seperti" atau kata lainnya yang intinya terdengar Anda berlatih, yang seolah-olah telah hafal jawabannya.
9. Jawablah pertanyaan sesuai dengan yang ditanyakan dan jawaban Anda tidak berputar-putar yang bisa membingungkan pewawancara. Hal ini membuat Anda adalah orang yang tidak jelas tujuannya.
10. Ucapkanlah terima kasih,walaupun mungkin jawaban Anda tidak meyakinkan namun ucapan terima kasih memberi kesan positif dan bisa menjadi pertimbangan pewawancara untuk menerima Anda bekerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar