Minggu, 12 Desember 2010

Etika Dalam Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja

Setiap memasuki dunia kerja, kita selalu dimulai dengan wawancara kerja. Tujuannya adalah agar pihak perusahaan mengetahui kemampuan calon karyawan dalam menjawab pertanyaan seputar pekerjaan.

1. Pertanyaan tentang kepribadian
Contoh pertanyaan: "Melihat resume Anda, apakah Anda yakin dapat melakukan pekerjaan ini?"
Jawaban: "Saya percaya bahwa kemampuan yang saya miliki dapat melakukan pekerjaan ini."
Saran: Jawablah sesuai keyakinan yang Anda punya. Dan biasanya kebiasaan yang Anda lakukan setiap hari dan dimana Anda berada pun sering menjadi pertanyaan.

2. Pertanyaan tentang kerja keras
Contoh pertanyaan: "Apakah Anda seorang yang pekerja keras?"
Jawaban: "Tentu saja saya seorang pekerja keras dan saya mampu menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan bidang pekerjaan saya."
Saran: Pengalaman kerja menjadi salah satu faktor utama bahwa Anda pernah menjadi karyawan, setidaknya Anda mengenal dunia kerja. Jika Anda belum memiliki pengalaman kerja katakanlah bahwa Anda seorang yang pekerja keras dan mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

3. Pertanyaan tentang posisi pekerjaan
Biasanya sebelum wawancara, Anda dipersilahkan untuk memilih posisi pekerjaan.
Contoh pertanyaan: "Mengapa Anda memilih pekerjaan ini?"
Jawaban: "Saya memilih bidang (pekerjaan) ini karena pekerjaan ini sesuai dengan keahlian saya."
Saran: Jawaban Anda harus meyakinkan pewawancara bahwa keahlian Anda sama seperti yang mereka inginkan, karena mereka ingin mengetahui apakah pandangan Anda realistis.

4. Pertanyaan tentang perusahaan
Contoh pertanyaan: "Bagaimana cara Anda bisa membantu perusahaan ini?"
Jawaban: "Saya memberikan kontribusi terbesar saya seperti kemampuan saya dalam .....(jawablah dengan tujuan perusahaan dalam menghasilkan laba, contohnya cara untuk mengetahui keinginan pelanggan, agar konsumen tetap setia dengan produknya)."
Saran: Gunakan contoh kontribusi yang signifikan agar pewawancara yakin bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk pekerjaan tersebut.

Contoh diatas merupakan pertanyaan yang umum dilakukan oleh beberapa perusahaan dan janganlah sekali-kali menjawab dengan kata "akan" karena ini menjadi pertimbangan dan membuat mereka ragu untuk memilih Anda.
Setelah Anda selesai wawancara walaupun pertanyaan yang disampaikan pewawancara membuat Anda sedikit kesal dan membingungkan, ucapkanlah terima kasih. Ini bisa menjadikan nilai positif untuk Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar